Logo Insan-Q
  • Home
  • About Us
    • Profil Insan-Q
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Profil Psikolog
    • Kode Etik Psikologi Indonesia
    • Download Company Profile
    • Buku Tamu Kehadiran
    • TOS & Privacy Policy
    • Sitemap
    • Pencarian (Search)
  • Layanan
    • Konseling
    • Konseling Online
    • Asesmen Psikologi
    • Psikotest Online
    • Employee Assistance Program
    • Psikoterapi
    • Seminar & Training
    • Online Seminar & Training
    • Paket Layanan
    • Sarana & Fasilitas
  • Media
    • Berita
    • Artikel
    • Channel Video
    • Galeri Foto
    • Buku & Cetakan
    • Pelanggan Sekolah
    • Pelanggan Perusahaan
  • Kontak
  • Registrasi
  • INSAN-Q Home
    • Arena Bermain Anak
    • Sarana & Fasilitas Lain
    • Kontak INSAN-Q Home

11 Desember 2020

Kiat dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring

Kiat dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring

Daftar Isi :

  1. Metode Pembelajaran Daring
  2. Hambatan Pembelajaran Daring
  3. Peran Orangtua dlm Pembelajaran Daring
  4. Pendampingan
  5. Bentuk Pendampingan Orangtua
  6. Faktor Pendukung dan Kendala Orangtua

Pembelajaran daring (online) bertujuan memberikan layanan pembelajaran bermutu dalam jaringan internet yang bersifat masif dan terbuka untuk menjangkau peserta atau siswa meskipun berada di rumah.

Selama masa Pandemi Virus Corona di Indonesia mulai awal Maret 2020, mendorong pemerintah untuk melakukan perlindungan dan menjaga kesehatan serta mencegah penularan COVID-19 kepada siswa dan mahasiswa.

Karena jika terjadi kluster pada siswa dan mahasiswa, maka penyakit yang disebabkan oleh virus Corona dapat menyebar sangat cepat dan masuk kedalam lingkungan tekecil yaitu keluarga. Selanjutnya pemerintah melakukan berbagai upaya; diantaranya dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh, baik dari tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi.

##!pembelajaran-daring-1!##

Metode Pembelajaran Daring

  • Secara tatap muka virtual dengan menggunakana plikasi Google Meet, Zoom, Webex, Teams, dll
  • Menggunakan Learning Management System (LMS), seperti Rumah Belajar, Ruang Guru, Kelas Pintar, Sekolahmu, Zenius.net, dll.
  • Menggunakan media sosial dan web, seperti Whatsapp, YouTube, Instagram, dsb
  • Mengedepankan pola interaksi dan komunikasi yang positif antara guru dengan siswa dan orang tua/wali

Dalam pelaksanaannya guru dan pendidik adalah mencoba untuk memanfaatkan ilmu dan teknologi untuk menyikapi masalah pembelajaran jarak jauh dengan cara memberikan materi serta tugas pelajaran melalui online.

Namun hal tersebut tidaklah selalu berjalan dengan baik, terdapat banyak kendala dalam pelaksanaannya, seperti kuota dan sinyal yang tak memadai, bahkan beberapa pelajar tidak mempunyai penunjang Handphone yang baik, dan hal ini mengakibatkan materi pembelajaran tidak tersampaikan dengan baik, sehingga banyak pelajar yang kurang mengerti dan merasa tidak terbimbing dengan baik dalam memahami pelajaran di sekolah.

##!pembelajaran-daring-2!##

Hambatan Pembelajaran Daring

  • Kemampuan guru dalam mengoperasikan perangkat digital dan internet
  • Ketersedian sarana dan prasaran belajar yang dimilki siswa
  • Faktor Dukungan internal terhadap siswa (komitmen, motivasi, kedisiplinan, dll.)
  • Faktor dukungan lingkungan siswa (orangtua, anggota keluarga)

Berdasarkan evaluasi Kementrian Pendidikan; kesulitan memahami pelajaran dalam pembelajaran daring menjadi keluhan mayoritas siswa pada hampir semua jenis satuan pendidikan, kecuali SD (Sekolah Dasar) di mana keluhan utama mereka adalah kurangnya kesempatan bertanya pada guru.

##!pembelajaran-daring-3!##

Peran Orangtua dlm Pembelajaran Daring

Berdasarkan kondisi yang ada, maka dibutuhkan peran orang tua sebagai pengganti guru di rumah dalam membimbing anaknya selama proses pembelajaran jarak jauh. Peran orang tua selama Pembelajaran Jarak Jauh atau Pembelajaran Daring; antara lain :

  • Orang tua memiliki peran sebagai guru di rumah, yang di mana orang tua dapat membimbing anaknya dalam belajar daring dari rumah.
  • Orang tua sebagai fasilitator, yaitu orang tua sebagai sarana dan pra-sarana bagi anaknya dalam melaksanakan pembelajaran daring.
  • Orang tua sebagai motivator, yaitu orang tua dapat memberikan semangat serta dukungan kepada anaknya dalam melaksanakan pembelajaran daring, sehingga anak memiliki semangat untuk belajar, serta memperoleh prestasi yang baik.
  • Orang tua sebagai pengaruh dan pengarah.

Selain itu, orang tua hendaknya mengawasi dan membimbing anak dalam penggunaan media internet, supaya anak tidak menjadi candu dengan internet dan berefek negatif terhadap perilaku anak. Orang tua harus mengarahkan anak untuk menggunakan internet secara positif, misalnya untuk pendidikan dan menambah ilmu pengetahuan.

Orang tua mengarahkan anak untuk membuka situs-situs yang bermanfaat, seperti mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan menggunakan internet. Kemudian, orang tuaharus mampu memahami ragam aplikasi yang mendidik anak dan memandu anak untuk memainkannya dengan baik, serta mengawasi penggunaan media informasi tersebut agar tidak menyimpang dari nilai-nilai pendidikan.

Orang tua juga harus memberikan batasan waktu kepada anak dalam penggunaan internet. Mengawasi penggunaan internet pada anak tidak harus dilakukan dengan ketat, namun dilakukan secara persuatif dengan tetap menghargai privasi anak .

##!pembelajaran-daring-4!##

Pendampingan

Pendampingan yang diberikan oleh orangtua di rumah dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Pendampingan merupakan upaya yang dilakukan oleh pihak pendidik (guru dan orangtua) baik secara individual maupun secara kolaboratif bagi pertumbuhan serta perkembangan siswa. Fungsi pendampingan dalam pembelajaran daring dapat mendukung dan memberikan nilai kepuasan psikologis pada anak sehingga anak lebih senang belajar.

Anak menjadi senang merasa didukung oleh orangtua, dan tidak mengalami kejenuhan serta meminimalkan gangguan-gangguan belajar yang bisa muncul; misalnya memainkan benda di sekitar, mengantuk, tidak konsentrasi, dll. Dengan semakin intens pendampingan belajar orangtua kepada anak, maka diharapkan hasil belajar yang diraihnya akan lebih baik.

##!pembelajaran-daring-5!##

Bentuk Pendampingan Orangtua

Pendampingan yang dapat dilakukan orangtua kepada anak antara lain

  • pendampingan terhadap perilaku,
  • pendampingan dalam bersikap,
  • pendampingan dalam berbicara,
  • dan pendampingan dalam belajar.

Bentuk-bentuk pendampingan tersebut disertai dengan membangun rasa empati, memberi kepercayaan, memberikan contoh yang baik, memberi rasa tanggung jawab, dan penghargaan maupun penguatan.

##!pembelajaran-daring-6!##

Faktor Pendukung dan Kendala Orangtua

Faktor pendukung kegiatan pendampingan orangtua terhadap anak yaitu kemauan, kesabaran, partisipasi anak, dan hubungan interpersonal dengan gurudan anak terjalin dengan baik.

Sedangkan beberapa faktor yang menghambat kegiatan pendampingan yakni, motivasi anak, minimnya dukungan fasilitas, dan kurangnya variasi dalam kegiatan dan lingkungan sekitar anak.

Peran orang tua dalam melakukan pembelajaran daring juga ditentukan oleh beberapa faktor seperti pendidikan, pekerjaan dan pendapatan orang tua.

Orangtua perlu melatih diri untuk menguasai pengoperasian perangkat digital dan internet. Orangtua juga perlu meluangkan waktu; sehingga bagi orangtua yang dalam mencari nafkah membutuhkan kerja keras effort yang tinggi akan mengalami kesulitan.


Baca Juga :

  1. Pentingnya Menumbuhkan Self-worth pada Anak Sedini Mungkin
  2. Mengenal Gaya Belajar dan Tips Belajar di Kehidupan Sehari-hari

Artikel Lain

Tips Upaya Menjaga Kesehatan Mental

01 Juli 2022

Tips Upaya Menjaga Kesehatan Mental
Pentingnya mengenali Disleksia (Dyslexia) sejak Anak Usia Dini

23 Juni 2022

Pentingnya mengenali Disleksia (Dyslexia) sejak Anak Usia Dini
Pengertian dan Tips Cara Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal

22 Juni 2022

Pengertian dan Tips Cara Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal
Logo Insan-Q

Insan-Q
[1] Ruko Bonakarta Blok A No 30, Masigit, Jombang, Kota Cilegon, Banten 42414. [2] INSAN-Q Home - Perumahan Bukit Baja Sejahter (BBS) 3 Blok A4 No. 14 Ciwaduk, Kota Cilegon Banten 42415.

+62 254 386720
+62 821-2448-8437
+62 878-7135-3987

© 2020 Insan-Q