Logo Insan-Q
  • Pencarian
  • Home
  • Tentang Kami
    • Profil Insan-Q
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Profil Psikolog
    • Kode Etik Psikologi Indonesia
    • Download Company Profile
    • Buku Tamu Kehadiran
    • TOS & Privacy Policy
    • Sitemap
  • Layanan
    • Konseling
    • Konseling Online
    • Asesmen Psikologi
    • Psikotest Online
    • Employee Assistance Program
    • Psikoterapi
    • Seminar & Training
    • Online Seminar & Training
    • Paket Layanan
    • Sarana & Fasilitas
  • Media
    • Berita
    • Artikel
    • Channel Video
    • Galeri Foto
    • Buku & Cetakan
    • Pelanggan & Mitra
  • Kontak
  • Registrasi

23 Juni 2020

Meningkatkan Percaya Diri di Tempat Kerja

Meningkatkan Percaya Diri di Tempat Kerja

Kadang kadang kita merasa bahwa kepercayaan diri kita kurang baik atau menurun di lingkungan tempat kerja; antara lain disebabkan oleh kinerja yang kurang baik, sering terlambat, tidak ada dukungan tim kerja, dll.

Hal ini dapat mempengaruhi tingkat stress dan menggangu kinerja serta produktiftas kita; yang akhirnya berujung pada teguran dari pimpinan dan menambah buruk situasi. Sebelum hal itu terjadi; dibawah ini dijelaskan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan percaya diri di tempat kerja.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja; antara lain :

  1. Prioritaskan Pekerjaan
  2. Mulai sejak Dini dan ikuti Aturan Perusahaan
  3. Dapatkan Dukungan Orang Lain
  4. Atasi Stres dengan Bijaksana
  5. Memahami Kekurangan dan Kelebihan Diri Sendiri

Jika dilakukan dengan sungguh sungguh dan niat yang kuat serta memilki rasa optimis atas upaya yang dilakukan; maka akan dapat dirasakan hasilnya bahwa telah ada perbedaan dengan kondisi sebelumnya. Rasa percaya diri secara umum akan muncul jika seseorang memilki kelebihan atas yang lainnya. Kelebihan kelebihan tersebut harus diciptakan dan dibangun seiring dengan tuntutan serta perkembangan situasi dan kondisi di tempat kerja.
##!Prioritaskan_Pekerjaan!##

  1. Prioritaskan Pekerjaan
    Sebelum memulai hari, buatlah daftar tugas yang perlu diperhatikan segera untuk hari itu. Tugas yang tidak penting dapat menghabiskan banyak energi dan waktu yang berharga, energi yang cukup akan mengurangi tingkat stress.
    Oleh karena itu melakukan identifikasi tugas-tugas mendesak yang perlu diselesaikan pada hari itu sangat penting untuk produktivitas dan mengatur energi. Setelah kita tahu kapan harus menyimpan energi, mengeluarkan energi maka selanjutnya selesaikan pekerjaan sesuai dengan urutan yang telah dijadwalkan.
    Sebaiknya fokus pada pekerjaan yang memang menjadi tanggung jawabnya; singkirkan pekerjaan selain itu dan jangan terlalu memperhatikan komentar orang lain; kecuali mempertimbangkan masukkan.
    Rasa percaya pada diri akan muncul dengan sendirinya saat kita mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik serta memperoleh apresiasi dari atasan dan tim kerja.
    ##!Mulai_sejak_Dini_dan_ikuti_Aturan_Perusahaan!##
  2. Mulai sejak Dini dan ikuti Aturan Perusahaan
    Kebanyakan orang sukses memiliki satu kesamaan; mereka memulai hari mereka lebih awal (dini) karena memberi mereka waktu untuk duduk, berpikir, dan merencanakan hari mereka.
    Ketika kita bangun pagi, terasa lebih tenang, kreatif, dan jernih. Seiring berjalannya hari makin siang, tingkat energi kita mulai turun, yang memengaruhi produktivitas, motivasi, dan fokus kita.
    Lalu rasa kepercayaan diri tersebut juga harus dibarengi dengan sebuah sikap yang baik serta mengikuti aturan yang sudah berlaku di sebuah perusahaan. Mengikuti aturan perusahaan tersebut juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri di dalam bekerja.
    Misalnya saja seperti rasa kepercayaan diri yang tidak dibarengi sikap yang baik adalah kebiasaan terlambat. Mungkin saja seseorang dapat merasa terlalu percaya akan dirinya sendiri karena sudah memenuhi target pekerjaannya; walaupun sering terlambat.
    Kemudian menganggap jika terlambat ke kantor bukan menjadi suatu masalah, namun sebenarnya rata-rata perusahaan tidak dapat memberikan toleransi akan hal tersebut.
    ##!Dapatkan_Dukungan_Orang_Lain!##
  3. Dapatkan Dukungan Orang Lain
    Mendapatkan sebuah dukungan dari orang lain mungkin saja menjadi salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja. Kita bisa mencoba untuk meminta dukungan dari orang yang dihormati di kantor serta meminta pendapatnya tentang kelebihan yang dimiliki, dan pertimbangkan saran serta masukannya.
    Kadangkala kita sendiri salah dalam menilai diri sendiri, sehingga meminta feedback dari rekan kerja ataupun atasan dapat menjadi informasi yang dapat mendukung; untuk mengenali kekurangan serta kelebihan sendiri; dan mendapatkan dukungan.
    ##!Atasi_Stres_dengan_Bijaksana!##
  4. Atasi Stres dengan Bijaksana
    Stres sering terjadi ketika kita menerima lebih banyak pekerjaan daripada yang mampu kita capai. Hasilnya adalah tubuh kita mulai merasa lelah, energi terkuras dan dapat memengaruhi produktivitas kita.
    Stres datang dalam berbagai bentuk untuk orang yang berbeda, tetapi beberapa cara produktif untuk mengatasi stres dapat dilakukan antara lain : luangkan waktu untuk keluar ruangan, berolahraga, meditasi, menelpon seorang teman, mendengar musik, dll.
    Kata kuncinya adalah menemukan hal apa yang cocok untuk menurunkan respons stres. Jika tidak punya waktu untuk hal yang telah disebutkan diatas, cobalah beberapa teknik pernapasan; menarik napas dalam dan pelan pelan, demikian juga mengeluarkannya. Hal Ini dapat dilakukan dalam beberapa menit dan telah terbukti menurunkan hormon pemicu stres.
    ##!Memahami_Kekurangan_dan_Kelebihan_Diri_Sendiri!##
  5. Memahami Kekurangan dan Kelebihan Diri Sendiri
    Salah satu dari cara yang terbaik untuk dapat membangun rasa percaya diri pada tempat kerja adalah dapat mengenali kelebihan dari diri sendiri. Selain itu juga menemukan suatu cara untuk dapat mengintegrasikan kelebihan tersebut di pekerjaan.
    Selanjutnya kita juga perlu mengenali apa yang menjadi kekurangan pada diri kita. Usahakan untuk tidak fokus dengan kekurangan, namun berupaya untuk mengurangi hal tersebut dan mengimbanginya dengan kelebihan yang dimiliki.
    Dengan mengetahui dan memahami kelebihan serta kekurangan yang ada pada diri sendiri, maka kita kan mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk dapat membantu meningkatkan rasa percaya pada diri.

Kepercayaan diri merupakan suatu sikap atau perasaan yakin akan kemampuan diri sendiri sehingga orang yang bersangkutan tidak terlalu cemas dalam tindakan-tindakannya, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai keinginannya dan merasa bertanggung jawab atas perbuatannya, hangat dan sopan dalam berinteraksi dengan orang lain, memiliki dorongan berprestasi serta dapat mengenal kelebihan dan kekurangannya (Lauster, 2012:12-14).

Kepercayaan diri adalah keyakinan untuk melakukan sesuatu pada diri subjek sebagai karakteristik pribadi yang di dalamnya terdapat keyakinan akan kemampuan diri, optimis, objektif, bertanggungjawab, rasional, dan realistis (Nur Ghufron dan Rini Risnawita, 2014:45).


Baca Juga :

  1. Mengenal Smilling Depression, Penyebab dan Pencegahannya
  2. Kiat Berfikir Positif

Artikel Lain

Mengenal tentang Strategi Coping dalam Mengatasi Stress

24 Mei 2022

Mengenal tentang Strategi Coping dalam Mengatasi Stress
Psikoterapi, Pengertian dan Perbedaannya dg Konseling

10 Mei 2022

Psikoterapi, Pengertian dan Perbedaannya dg Konseling
Mengenal tentang Psychological First Aid (PFA)

09 Mei 2022

Mengenal tentang Psychological First Aid (PFA)
Logo Insan-Q

Insan-Q
Ruko Bonakarta Blok A No 30, Cilegon, Banten 42414

+62 254 386720
+62 821-2448-8437
+62 878-7135-3987

© 2020 Insan-Q