23 Maret 2022
Daftar Isi :
##!leader-manager-1!##
Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain ( HR Buchari ). Perbedaan antara Leader dan Manager akan nampak dari cara cara mereka memotivasi orang-orang yang bekerja atau mengikuti mereka, dan ini akan direflesikan untuk aspek-aspek lain sebagian besar dari apa yang dilakukan.
Manajer – Seorang karyawan organisasi, yang bertanggung jawab atas manajemennya. Leader – Seseorang yang memimpin, membimbing, dan mengarahkan orang lain. Dalam pengaturan organisasi, seorang manajer adalah penghubung penting antara perusahaan dan pemangku kepentingannya, yaitu karyawan, pelanggan, pemasok, pemegang saham, pemerintah, masyarakat, dan sebagainya. Dia adalah orang yang melakukan fungsi manajerial dasar.
Leader adalah pemimpin adalah orang yang menginspirasi, mendorong, dan mempengaruhi anak buahnya, untuk bekerja dengan rela, dalam pencapaian tujuan organisasi. Keduanya bukanlah satu dan hal yang sama, namun seseorang hanya bisa menjadi manajer yang sukses, jika dia adalah seorang pemimpin yang efektif
##!leader-manager-2!##
Seorang Leader adalah orang yang memimpin tim tertentu dan mempengaruhi anggota timnya untuk bekerja dengan baik dan mencapai tujuan. Leader mengikuti proses transformasional saat mereka mengembangkan visi dan menemukan jalan ke depan untuk mencapai tujuan. Jadi seorang Leader selalu menjaga tim. Seorang Leader menunjukkan pandangan strategis, manajemen tim, pikiran terbuka dan mempromosikan inovasi. Seorang Leader menciptakan lingkaran pengaruh dan memimpin dengan menginspirasi.
Leader akan memiliki visi tentang apa yang dapat dicapai dan kemudian mengomunikasikannya kepada orang lain dan mengembangkan strategi untuk mewujudkan visi tersebut. Mereka memotivasi orang dan mampu menegosiasikan sumber daya dan dukungan lain untuk mencapai tujuan mereka.
##!leader-manager-21!##
1) Menetapkan Visi, Misi dan Tujuan Organisasi
Seorang Leader baik secara tersirat atau tersurat akan menentukan Arah (Visi) bagi Organisasi & strategi mencapainya di masa depan, hal ini terkait bahwa leader memilki mimpi akan masa depan organisasinya.
##!leader-manager-22!##
2) Menyelaraskan Visi, Misi dan Tujuan Organisasi
Seorang Leader akan terus menerus menyelaraskan, menyampaikan arahan dengan perkataan & teladan hingga anggota tim mengerti, menerima perihak Visi, Misi dan Tujuan Organisasi, serta strategi yang diterapkan untuk mencapainya.
##!leader-manager-23!##
3) Memberikan Motivasi & Inspirasi
Seorang Leader akan secara kontinyu memberikan motivasi & inspirasi, serta semangat kepada jajarannya untuk bisa menyelesaikan masalah terutama yang paling mendasar mengenai kebutuhan manusia; karena menyadari bahwa SDM adalah aset yang terpenting.
##!leader-manager-3!##
Manajer adalah orang yang mengelola organisasi atau proyek dengan merencanakan, memberi arahan, memelihara koordinasi dan pengendalian. Manajer mengikuti proses transaksional saat mereka mendelegasikan tugas, memenuhi tujuan. Jadi seorang manajer mengawasi sebuah tim. Seorang manajer menunjukkan keterampilan organisasi, keterampilan manajemen, keterampilan pemecahan masalah dan konformitas. Seorang manajer menciptakan lingkaran kekuasaan dan dipimpin oleh otoritas.
Manajer memastikan bahwa sumber daya yang tersedia diatur dengan baik dan digunakan untuk menghasilkan hasil terbaik. Dalam lingkungan yang terbatas sumber daya dan sulit, seorang manajer juga didorong untuk menjadi Leader agar dapat mencapai hasil yang optimal.
##!leader-manager-31!##
1) Menyusun Rencana & Anggaran.
Seorang Manager akan menetapkan rencana kerja, langkah detail dan sumber daya untuk mencapai visi yang ditetapkan; serta membuat estimasi anggaran yang dibutuhkannya (tahunan).
##!leader-manager-32!##
2) Menetapkan Job Description & Sistem.
Seorang Manager akan mengorganisir, membagi tugas & tanggung jawab, menetapkan struktur organisasi & orang2 yang mengisi berbagai posisi dalam struktur organisasinya, menetapkan prosedur & aturan main menciptakan sistem monitoring pekerjaan.
##!leader-manager-33!##
3) Menjaga dan Memelihara Operasional.
Seorang Manager akan mengendalikandan memeliharan kelancaran flow kerja., memonitor hasil, mengidentifikasi penyimpangan, menyelesaikan masalah yang terjadi.
##!leader-manager-4!##
Leader does the right things, manager does things right
##!leader-manager-5!##
##!leader-manager-6!##
Abu Bakar RA pernah berkata, "Seorang pemimpin bagaikan pemanah. Dia menghimpun anak2 panah (dalam satu wadah supaya tidak bercerai berai ) dan membidikkan anak-anak panah itu pada sasaran yang tepat".
Dari pernyataan ini bisa diartikan, pemimpin atau amir atau istilah sekarang leader dalam kepemimpinan khususnya kolektif, harus memiliki kemampuan mengatur (memanage) agar jajaran tidak berserakan apalagi berpecah belah, menyelesaikan dengan tepat serta mengerahkan potensi yang ada untuk membidik target dengan tepat.
Secara Teori, Leadership dan Manager memang bisa dibedakan. Namun secara realitas keduanya sulit dipisahkan, bagaikan mata uang logam yang memiliki dua sisi berbeda tapi tidak bisa dipisahkan. Seorang leader seharusnya memiliki kemampuan manajemen, demikian pula sebaliknya.
Leader dan Manager memerlukan serangkaian kegiatan atau fungsi yang unik. Sementara Leader dan Manager memiliki beberapa kesamaan karena keduanya mempengaruhi orang lain dengan menggunakan kekuatan tertentu untuk mencapai tujuan tertentu, ada juga beberapa perbedaan yang menonjol (Northouse, 2007). Sementara, Manager mempertahankan tempat kerja yang berfungsi dengan lancar, Leader menguji posisi saat ini dan mendorong fungsi baru, sehingga mereka mencari tujuan jangka panjang (Yukl, 1989).
Apa perbedaan antara Manager dan Leader ? Perbedaan terbesar antara Manager dan Leader adalah cara mereka memotivasi orang-orang yang bekerja atau mengikuti mereka, dan ini menentukan banyak hal untuk sebagian besar aspek dari apa yang mereka lakukan.
Jadilah pemimpin bagi diri sendiri dan orang banyak seperti Rasulullah SAW memimpin diri dan ummatnya. ( Disarikan dari dunia maya oleh Agus A.Musabiq )
Referensi :
Baca Juga :