Logo Insan-Q
  • Pencarian
  • Home
  • Tentang Kami
    • Profil Insan-Q
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Profil Psikolog
    • Kode Etik Psikologi Indonesia
    • Download Company Profile
    • Buku Tamu Kehadiran
    • TOS & Privacy Policy
    • Sitemap
  • Layanan
    • Konseling
    • Konseling Online
    • Asesmen Psikologi
    • Psikotest Online
    • Employee Assistance Program
    • Psikoterapi
    • Seminar & Training
    • Online Seminar & Training
    • Paket Layanan
    • Sarana & Fasilitas
  • Media
    • Berita
    • Artikel
    • Channel Video
    • Galeri Foto
    • Buku & Cetakan
    • Pelanggan & Mitra
  • Kontak
  • Registrasi

19 Pebruari 2022

Konseling Anak dan Bimbingan Perkembangan Anak

Konseling Anak dan Bimbingan Perkembangan Anak

Daftar Isi :

  • Latar Belakang
  • Karateristik pada Anak
  • Tujuan
  • Pengembangan Kemampuan Sosial
  • Beberapa Manfaat bagi Orangtua

Insan Q Psychological Service memberikan layanan Konseling Anak dan Bimbingan Perkembangan Anak; konseling dan bimbingan pada anak adalah upaya bantuan yang dilakukan terhadap anak usia agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal serta mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapinya dalam kehidupannya.

##!konseling-anak-1!##

Latar Belakang

Secara umum bahwa semua anak memerlukan bantuan, baik yang dianggap normal dan tidak memiliki masalah maupun anak yang dianggap memiliki dan menghadapi masalah. Anak yang dianggap tidak memiliki masalah, tetap membutuhkan bimbingan karena anak perlu mengembangkan kemampuan yang ada pada dirinya. Bimbingan dan bantuan yang diberikan pada anak seperti ini bersifat pencegahan dan pengembangan agar lebih optimal. Sedangkan bimbingan untuk anak yang bermasalah lebih bersifat perbaikan; yang seterusnya dilanjutkan dengan pengembangan.

Beberapa anak mungkin nampak ada yang sulit diatur seperti sering menolak rutinitas sehari-hari, sering menangis, gelisah, jarang berpartisipasi, tidak mau makan, dll. Konseling dapat berperan dalam meningkatkan perkembangan emosional anak misalnya sebagai motivator secara kontinyu, atau membantu orang tua dalam mengarahkan anak; dll. Melalui konseling tidak hanya sebatas membantu orangtua dan anak dalam memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi, tetapi juga mampu mengembangkan kualitas pribadi anak agar dapat berkembang secara optimal, konseling dapat memberikan layanan bimbingan yang mengarah pada keberhasilan perkembangan anak baik dari aspek intelektual (akademik), emosi, spiritual dan sosial.

##!konseling-anak-2!##

Karakteristik pada Anak

Maslow berpendapat bahwa ada 8 karakteristik umum dari anak sehat yaitu:

  1. Spontan, ingin berinteraksi dengan lingkungan dan mengekspresikan keterampilan yang dimiliki.
  2. Sehat secure fisik, tidak didominasi rasa takut, dan merasa cukup aman untuk mengambil risiko.
  3. Pengalaman dengan lingkungan diperoleh secure kebetulan atau dengan bantuan orang dewasa.
  4. Cukup aman dan percaya diri dalam melakukan interaksi dan menerima berbagai konsekuensinya.
  5. Akan mengulangi pengalaman-pengalaman yang sukses.
  6. Kemudian berkembang ke arah pengalaman yang lebih kompleks.
  7. Pengalaman-pengalamannya yang sukses akan meningkatkan self-esteem dan perasaan mampu, memberi kekuatan, serta kontrol diri.
  8. Memilih untuk terus tumbuh dan maju.

Konseling dan Bimbingan dapat melakukan beberapa hal : mencoba mengubah anak sehingga lebih cocok bagi lingkungannya, mencoba mengubah lingkungan sekitar agar anak dapat berfungsi dengan lebih baik, serta gabungan dari kedua usaha tersebut.

##!konseling-anak-3!##

Tujuan

Konseling dan bimbinganpada anak dilakukan untuk membantu mereka agar dapat:

  1. Membantu anak lebih mengenal dirinya, k emampuannya, sifatnya, kebiasaannya, dan kesenangannya.
  2. Membantu anak agar dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya.
  3. Membantu anak untuk mampu mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapinya.
  4. Membantu menyiapkan perkembangan mental dan sosial anak untuk masuk ke lembaga pendidikan selanjutnya.

##!konseling-anak-4!##

Pengembangan Kemampuan Sosial

Mengubah lingkungan sekitar agar anak dapat berfungsi dengan lebih baik dengan cara menciptakan lingkungan yang kondusif, interaksi pendidikan yang akrab, mengembangkan sistem pemahaman diri dan sikap-sikap yang positif, serta keterampilan-keterampilan sosial pribadi yang tepat. Anak-anak yang memiliki kemampuan sosial pribadi yang baik biasanya terefleksi dalam kemampuan anak untuk melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut ini.

  1. Kemampuan berempati pada teman-temannya.
  2. Mengorganisasi teman-temannya untuk melakukan tugas.
  3. Mampu mengenali dan membaca pikiran orang lain.
  4. Memiliki banyak teman dan mampu menjalin hubungan dengan teman-temannya.
  5. Cenderung mudah memahami perasaan orang lain.
  6. Sering menjadi pemimpin di antara teman-temannya.
  7. Memiliki perhatian yang besar kepada teman-temannya sehingga acap kali mengetahui berita-berita di seputar mereka

##!konseling-anak-5!##

Beberapa Manfaat bagi Orangtua

Selain itu, ditinjau dari sudut orang tua, kegiatan bimbingan dan konseling pada anak usia dini ini dapat dilakukan untuk:

  1. Membantu orang tua agar mengerti, memahami dan menerima anak sebagai individu;
  2. Membantu orang tua dalam mengatasi gangguan emosi pada anak yang ada hubungannya dengan situasi keluarga di rumah;
  3. Membantu orang tua mengambil keputusan dalam memilih sekolah bagi anaknya sesuai dengan taraf kemampuan kecerdasan, fisik dan indranya;
  4. Memberikan informasi kepada orang tua untuk memecahkan masalah kesehatan anak

DAFTARKAN ANAK ANDA UNTUK "KONSELING ANAK & PERKEMBANGAN ANAK" : DISINI >>

Referensi :

  1. Mubiar Agustin, M.Pd;Hakikat Bimbingan dan Konseling untuk Anak Usia Dini
  2. Kompasiana; Pentingnya Konseling untuk Anak Usia Dini (Usia 2-5 tahun)
  3. Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; Dr Rifda El Fiah MPd.


Logo Insan-Q

Insan-Q
Ruko Bonakarta Blok A No 30, Cilegon, Banten 42414

+62 254 386720
+62 821-2448-8437
+62 878-7135-3987

© 2020 Insan-Q