INSAN-Q Phsychological Services melayani Terapi Tumbuh Kembang Anak; yaitu terapi untuk anak yang dalam pertumbuhan dan perkembangannya mengalami hambatan atau keterlambatan, dimana kapalitas atau kemampuan anak tidak memenuhi yang semestinya dibandingkan dengan usianya.
Daftar Isi :
1 Tumbuh Kembang Anak
2. Kebutuhan Tumbuh Kembang Anak
3. Faktor Tumbuh Kembang Anak
4. Gangguan Tumbuh Kembang Anak
5. Pemantauan Tumbuh Kembang Anak
6. Tanda-tanda Anak Membutuhkan Terapi
7. Terapi
8. Pendaftaran
1. Tumbuh Kembang Anak
Perkembangan anak mencakup seluruh cakupan keterampilan yang dikuasai seorang anak selama rentang hidupnya termasuk perkembangan dalam:
- Keterampilan fisik; Keterampilan motorik halus (jari) dan keterampilan motorik kasar (seluruh tubuh).
- Kognisi; Kemampuan untuk belajar dan memecahkan masalah
- Interaksi sosial dan regulasi emosional; Berinteraksi dengan orang lain dan menguasai pengendalian diri
- Kesadaran sensorik; Tumbuhnya informasi sensorik untuk digunakan
- Bicara dan Bahasa; Memahami dan menggunakan bahasa, membaca dan berkomunikasi
2. Kebutuhan Tumbuh Kembang Anak
Kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang, secara umum dibagi menjadi 3 kebutuhan dasar yaitu:
- Kebutuhan Fisik-Biomedis (ASUH); Meliputi: pangan/gizi perawatan kesehatan dasar: imunisasi, pemberian ASI, penimbangan yang teratur, pengobatan pemukiman yang layak kebersihan perseorangan, sanitasi lingkungan pakaian rekreasi, kesegaran jasmani dll
- Kebutuhan Emosi/Kasih Sayang (ASIH); Kasih sayang dari orang tua akan menciptakan ikatan yang erat dan kepercayaan dasar untuk menjamin tumbuh kembang yang selaras baik fisik, mental, atau psikososial.
- Kebutuhan akan Stimulasi Mental (ASAH); Stimulasi mental mengembangkan perkembangan kecerdasan, kemandirian, kreativitas, agama, kepribadian, moral-etika, produktivitas dan sebagainya.
3. Faktor Tumbuh Kembang Anak
Secara umum terdapat dua faktor utama yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, yaitu:
1) Faktor Genetik
Faktor genetik ini yang menentukan sifat bawaan anak tersebut. Kemampuan anak merupakan ciri-ciri yang khas yang diturunkan dari orang tuanya.
2) Faktor Lingkungan
Yang dimaksud lingkungan yaitu suasana di mana anak itu berada. Dalam hal ini lingkungan berfungsi sebagai penyedia kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang sejak dalam kandungan sampai dewasa. Lingkungan yang baik akan menunjang tumbuh kembang anak, sebaliknya lingkungan yang kurang baik akan menghambat tumbuh kembangnya.
4. Gangguan Tumbuh Kembang Anak
Masalah dalam perkembangan anak dapat dikaitkan dengan peristiwa kehidupan, temperamen, genetika, keadaan prenatal, adanya diagnosis tertentu atau faktor medis, dan/atau kurangnya kesempatan atau paparan kesempatan belajar sejak dini. Penilaian khusus dapat memberikan kejelasan tentang kekuatan dan tantangan perkembangan anak. Informasi ini dapat digunakan oleh kami untuk mengembangkan rencana dukungan individual dan berpusat pada anak untuk membantu anak mencapai tujuannya.
Anak dalam pertumbuhan dan perkembanannya rentan mengalami berbagai jenis gangguan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor baik bawaan atau pengaruh lingkungan (gizi, pengasuhan, sakit, dll.). Bahwa anak sesuai dengan usianya tidak mengalami pertumbuhan atau perkembangan yang seharusnya; ada beberapa jenis gangguan tumbuh-kembang yang sering ditemukan pada anak; antara lain : Gangguan Bicara dan Bahasa, Cerebral Palsy, Sindrom Down, Perawakan Pendek, Gangguan Autisme, Gangguan Autisme, Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH).
5. Pemantauan Tumbuh Kembang Anak
Pemantauan pertumbuhan, perkembangan, dan gangguan tumbuh kembang anak umumnya diselenggarakan secara komprehensif melalui kegiatan:
a) stimulasi yang memadai;
b) deteksi dini; dan
c) intervensi dini, gangguan tumbuh kembang anak.
Deteksi dini penyimpangan mental emosional adalah kegiatan/pemeriksaan untuk menemukan secara dini adanya masalah mental emosional, autisme dan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas pada anak, agar dapat segera dilakukan tindakan intervensi. Bila penyimpangan mental emosional terlambat diketahui, maka intervensinya akan lebih sulit dan hal ini akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak.
6. Tanda-tanda Anak Membutuhkan Terapi
Beberapa tanda yang menggambarkan bahwa Anak-anak membutuhkan Intervensi (Terapi) terkait dengan pertumbuhan dan perkembangannya dibandingkan dengan usianya; antara lain :
- Takut yang berlebihan
- Terlambat Berbicara
- Kesulitan Belajar
- Sedikit atau tidak ada upaya komunikasi
- Kurangnya keterampilan bermain yang tepat
- Sedikit atau tidak ada minat dalam interaksi sosial
- Lupa keterampilan atau kosa kata yang sebelumnya digunakan
- Tidak memenuhi tonggak perkembangan pada usia yang diharapkan
- Dll.
7. Terapi
Terapi adalah intervensi awal dan secara khusus melihat bagaimana seorang anak berkembang di semua bidang perkembangannya; kognitif, bahasa dan komunikasi, sosial-emosional, keterampilan motorik dan swadaya. Terapi tumbuh kembang berfokus pada tonggak penting (milestones) yang perlu dicapai oleh seorang anak anak saat mereka tumbuh, dan tahu kapan harus dilanjutkan dengan Terapi Fisik, Terapi Okupasi, Terapi Wicara, dan/atau Terapi ABA (Applied Behaviour Analysis).
8. Pendaftaran
Daftarkan anak anda untuk Terapi Tumbuh Kembang Anak di INSAN-Q Psychological Services melalui :
HP (W/A) : + 62 821 2448 8437
Baca Juga :