Dari sisi pencari kerja; penyerapan tenaga kerja juga dipengaruhi oleh kualitas calon tenaga kerjanya atau indvidunya itu sendiri; misalnya pendidikannya, kompetensinya, perilakunya, mentalnya, fisiknya, kesehatannya, dll.
Daftar Isi :
1. Pengantar
2. Tujuan Pelatihan atau Bimbingan Kerja
3. Tujuan Khusus Pelatihan
4. Siapa Yang Dapat Mengikuti Pelatihan ini ?
5. Metoda Pelatihan
6. Instruktur Pelatihan
7. Materi Pelatihan
1. Pengantar
Permintaan tenaga kerja adalah permintaan terhadap input. Permintaan ini berbeda dengan permintaan konsumen terhadap barang dan jasa (komoditi). Konsumen membeli suatu komoditi karena komoditi tersebut akan memberikan kegunaan atau kepuasan baginya, akan tetapi bagi pengusaha, mempekerjakan seorang pekerja bertujuan untuk membantu memproduksi barang atau jasa (komoditi) untuk dijual kepada konsumen dan mendapatkan keuntungan.
Dengan kata lain, pertambahan permintaan pengusaha terhadap tenaga kerja sangat tergantung dari pertambahan permintaan konsumen akan barang yang akan diproduksinya. Bahwa sesungguhnya permintaan terhadap tenaga kerja hampir selaras dengan permintaan terkait (derived demand) terhadap barang atau jasa.
Tingkat penyerapan tenaga kerja si perusahaan atau industri dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal; antara lain pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, pengangguran, dll. Dunia usaha tidak dapat mmempengaruhi kondisi tersebut, pihak pemerintah yang dapat menangani dan mempengaruhi faktor eksternal tersebut. Secara internal penyerapan tenaga kerja dipengaruhi oleh tingkat upah, tingkat penjualan, produktivitas tenaga kerja, kesehatan perusahaan, dan modal.
Dari sisi pencari kerja; penyerapan tenaga kerja juga dipengaruhi oleh kualitas calon tenaga kerjanya atau indvidunya itu sendiri; misalnya pendidikannya, kompetensinya, perilakunya, mentalnya, fisiknya, kesehatannya, dll. Karena perusahaan sebenarnya menginginkan kinerja karyawannya yang memenuhi target atau melebihi target; namun dari segi biaya yang harus dikeluarkan seefisien mungkin. Sehingga dalam proses seleksi dan pemilihan tenaga kerja atau karyawan dilakukan serangkaian test yang harus dilalui oleh para pencari kerja (pelamar)
Kami INSANN-Q Psychological Service Cilegon memberikan penawaran solusi untuk mengantisipasi atau meningkatkan kualitas individu calon pekerja melalui pembekalan, pembelajaran dan pengalaman praktis bagi calon pekerja untuk menghadapi tuntutan dari pengusaha atau yang membutuhkan tenaga kerja.
Dengan pembekalan pelatihan ini diharapkan penyerapan tenaga kerja oleh pengusaha, industri, bagi para pencari kerja atau lulusan Perguruan Tinggi yang akan menjadi terus menerus relatif meningkat.
2. Tujuan Pelatihan atau Bimbingan Kerja
Tujuan Umum dari pelatihan ini adalah sebagai berikut :
- Meningkatkan penyerapan tenaga kerja oleh pengusaha, industri, dll. bagi lulusan Perguruan Tinggi
- Membekali peserta untuk memiliki pengalaman menjalani Asesmen Psikologi, Test Potensi Akademik, dan Test Bahasa Inggris.
- Menyadarkan kekuatan dan kelemahan peserta sebagai calon tenaga kerja yang handal.
- Membekali soft skill komunikasi peserta dalam menghadapi wawancara kerja.
3. Tujuan Khusus Pelatihan
Pelatihan ini disusun dalam bentuk modul pelatihan yang terdiri dari tiga modul, dan masing masing modul memiliki tujuan khusus; sbb :
- Memahami pentingnya pengalaman hadapi asesmen psikologi.
- Memahami pentingnya aspek personal branding.
- Memahami pentingnya aspek komunikasi.
- Memilki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik
- Memilki kemampuan untuk membuat Curiculum Vitae yang baik
- Memilki kemampuan dan percaya diri untuk mengikuti wawancara kerja
4. Siapa Yang Dapat Mengikuti Pelatihan ini ?
Peserta dalam pelatihan ini adalah para calon tenaga kerja atau para pencari kerja atau mahasiswa tingkat akhir yang dalam waktu dekat akan menjadi pencari kerja. Pelatihan ini secara ideal diikuti oleh 30 orang peserta dalam satu paketnya.
5. Metoda Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan experiential learning, yaitu proses pembelajaran melalui pengalaman melakukan suatu aktivitas. Dalam aktivitas peleatihan tersebut, peserta dihaarpkan memperhatikan, memahami, menganalisis secara kritis, serta memaknainya untuk menjadi pedoman dalam perilaku mereka di masa depan.
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi ceramah (pembekalan teori dan filosofi), role play (praktek), permainan, dan diskusi/ tanya jawab yang disesuaikan dengan masing masing sasaran dan materi. Diharapkan peserta bersifat aktif sehingga dapat diperoleh berbagai permasalahan atau kendala yang dihadapi peserta; dan dibahas penyebab serta penyelesaiannya.
6. Instruktur Pelatihan
Pelatihan ini bersifat psikologis; menggali potensi dan mengarahkan attitude, sehingga Instruktur dan timnya adalah para Psikolog.
Instruktur :
- Dra Sugiarti A Musabiq MKes, Psikolog
- Silviani MPsi, Psikolog
- Ghoif Nurrohman, M.Psi,. Psikolog
Pelatihan ini setidaknya akan dimbimbing oleh dua (2) orang Instruktur. Alokasi Waktu Pelatihan ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari.
7. Materi Pelatihan
Materi pelatihan secara keseluruhan untuk durasi selama 2 (dua) hari kerja atau 16 jam pelatihan adalah sebagai berikut :
- Pembukaan dan kontrak belajar
- Asesmen Psikologi,
- Tes potensi akademik,
- Bahasa Inggris
- Personal branding.
- Mengenal diri.
- Menetapkan Target
- Diskusi
- Pemahaman komunikasi efektif.
- Teknik komunikasi efektif
- Roleplay/ Praktek
- Diskusi
Diskusi, Roleplay/ Praktek
- Pemahanan tentang Curiculum Vitae
- Teknik dan Tips Pembuatan Curiculum Vitae