27 Maret 2022
Pada hari Sabtu, tanggal 26 Maret 2022 telah diselenggarakan agenda Observasi Calon Murid Kelompok Bermain RA Asy Syuhada BBS 3, Cilegon terhadap sejumlah 77 (tujuh puluh tujuh) orang anak usia balita (dibawah 5 tahun).
Tujuan dari aktifitas Observasi tersebut adalah untuk mengetahui kondisi anak calon murid. Observasi dikoordinir oleh Ibu Dra Sugiarti A Musabiq MKes, Psikolog selaku psikolog dan pengelola Insan Q Psychological Service. Observasi yang dilaksanakan juga melibatkan guru guru sehingga mereka dapat apat mengenali dan memahami anak sebagai individu yang unik, tidak hanya sebagai bagian dari sebuah kelompok. Guru perlu mengetahui pentingnya observasi dan juga pentingnya mengembangkan dan melatih kemampuannya dalam melaksanakan observasi.
Mengobservasi merupakan aktifitas memperhatikan, mengamati secara intensif, dengan fokus pada satu bagian tertentu atau secara keseluruhan pada indicidu maupun kelompok. Sehingga dengan observasi dapat diperoleh informasi mengenai gambaran menyeluruh dan detil yang signifikan tentang anak calon murid. Untuk dapat melaksanakan observasi dengan baik, maka observer harus memahami perkembangan anak, lingkungannya, dan bagaimana anak berhubungan dengan orang lain.
Pada tahap akhir observasi; yaitu Interpretasi, yaitu aktifitas merefleksikan apa yang menjadi arti dari hasil observasi yang telah dilakukan dan didokumentasikan. Interpretasi merupakan kesimpulan, yang diambil berdasarkan apa yang dilihat dan didengar.
Perilaku individu dapat diobservasi namun penyebab timbulnya perilaku itu muncul tidak akan teramati. Interpretasi dilakukan dengan memperhatikan hubungan antara berbagai komponen yang berkaitan dengan perilaku anak baik yang dapat diobservasi maupun tidak. Walaupun tidak sempurna mengapa individu anak dapat berperilaku tertentu; namun dapat secara umum dapat diambil keputusan bahwa anak tersebut menjadi murid perlu pengembangan tertentu atau perlu intervensi untuk perkembangannya dalam pendidikan; dll.
Dengan aktifitas observasi tersebut maka akan diperoleh kesimpulan gambaran bahwa mana kelompok anak yang perlu pengembangan tertentu, mana yang perlu intervensi tertentu, dan mana yang perlu perhatian penuh dari guru; dst.
Baca Juga :