Logo Insan-Q
  • Pencarian
  • Home
  • Tentang Kami
    • Profil Insan-Q
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Profil Psikolog
    • Kode Etik Psikologi Indonesia
    • Download Company Profile
    • Buku Tamu Kehadiran
    • TOS & Privacy Policy
    • Sitemap
  • Layanan
    • Konseling
    • Konseling Online
    • Asesmen Psikologi
    • Psikotest Online
    • Employee Assistance Program
    • Psikoterapi
    • Seminar & Training
    • Online Seminar & Training
    • Paket Layanan
    • Sarana & Fasilitas
  • Media
    • Berita
    • Artikel
    • Channel Video
    • Galeri Foto
    • Buku & Cetakan
    • Pelanggan & Mitra
  • Kontak
  • Registrasi

21 Januari 2022

Pentingnya Tes Minat dan Bakat bagi Dunia Pendidikan

Pentingnya Tes Minat dan Bakat bagi Dunia Pendidikan

Daftar Isi :

  1. Tes Minat dan Bakat
  2. Tujuan Tes Minat dan Bakat
  3. Bakat
  4. Jenis jenis Bakat
  5. Minat
  6. Ciri ciri Minat

Tes bakat dan minat umumnya dilakukan untuk dapat mengetahui suatu kemampuan dan ketertarikan dari peserta didik; dimana selanjutnya perlu juga dilakukan pendampingan dan pengembangan kemampuan sesuai bakat peserta didik yang ada pada diri individu.

##!tes-minat-dan-bakat!##

Tes Minat dan Bakat

Dengan Tes Minat dan Bakat, dapat lebih diketahui perihal potensi individu termasuk kelebihan dan kekurangannya, baik dari bidang akademis maupun faktor kepribadian. Dengan Tes Minat dan Bakat siswa dapat lebih terarah untuk lebih fokus pada minat yang sesuai dengan bakatnya, juga dapat diketahui jurusan pendidikan yang tepat berdasarkan dengan bakat dan minatnya. Tes bakat dan minat merupakan hal penting dalam bidang pendidikan karena dapat sangat membantu siswa dan juga guru untuk mengetahui dan memilih suatu jurusan, sehingga dapat mengurangi kegagalan dalam pendidikan akibat terjadinya salah jurusan.

Keterampilan peserta didik di sekolah perlu dikembangkan untuk dapat bersaing setelah peserta didik tersebut lulus sekolah untuk kemudian dapat bersaing di tingkat selanjutnya dan atau di dunia kerja, serta bisa

mengoptimalkan bakat yang ada dalam diri individu. Tes minat dan bakat dapat dilakukan pada siswa mulai SLTP, SLTA sampai dengan Perguruan Tinggi.

Tes bakat dan minat dapat memetakan siswa dalam pemilihan bakat dan minat yang sesuai dengan kompetensi dan keterampilan yang dimiliki. Berdasarkan hasil tes bakat dan minat yang dilakukan, guru dapat mengelompokkan peserta didik sesuai dengan bakat dan minatnya. Guru juga akan menjadi lebih mudah untuk bisa mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa setelah diketahui dan dikelompokkan.

##!tujuan-tes-minat-dan-bakat!##

Tujuan Tes Minat dan Bakat

Tes bakat dan minat ini memiliki beberapa tujuan terhadap pengembangan peserta didik

yang ada di SMK. Tujuan tes bakat dan minat ini yaitu sebagai berikut:

  1. Mengetahui dan memahami apa bakat dan minat Individu dan menemukan cara untuk mengembangkan kekuatan tersebut secara optimal.
  2. Individu dapat melakukan pemetaan lebih jauh mengenai bakat yang dimilikinya dan minat yang diinginkannya.
  3. Individu dapat mengambil keputusan untuk memilih bakat dan minatnya dengan tepat sesuai dengan kemampuan dan keinginannya. Keputusan tersebut memungkinkan memberikan hasil yang bervariasi untuk setiap individu bahkan ketika mereka memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan hasil tertentu, karena setiap individu dapat mempersepsikan nilai pentingnya suatu hasil tes secara berbeda.
  4. Tujuan dalam kerangka institusional yaitu, nilai dari keputusan ditentukan oleh institusi dan berlaku sama untuk setiap keputusan tertentu. Contoh dari keputusan institusional adalah penerimaan siswa untuk masuk sekolah pada bidang keahlian/kejuruan yang diminati atau juga bias digunakan untuk seleksi perusahaan.
  5. Pengelompokan bakat dan minat peserta didik dapat dilakukan untuk mempermudah pengembangan bakat dan minat masing-masing peserta didik.

Tes Minat dan Bakat, serta Tes Kepribadian dapat disesuaikan dengan kebutuhan namun secara umum meliputi sbb:

  • - Intelligensi
  • - Tes Minat
  • - Tes Kepribadian (misalnya : MBTI)
  • - Tes Penjurusan

##!bakat!##

Bakat

Bakat adalah suatu kondisi pada seseorang yang memungkinkan untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan dengan suatu latihan khusus, misalnya: berupa kemampuan berbahasa, kemampu an bermain musik dan

lain sebagainya (Wijaya 1988).

Bakat mengandung makna kemampuan bawaan yang masih bersifat potensial atau laten dan memerlukan pengembangan lebih lanjut (Ali 2004). Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa bakat adalah suatu kemampuan bawaan bersifat potensial, yang masih perlu diasah dan dilatih kembali agar dapat menjadi suatu kemampuan, keahlian dan keterampilan yang mumpuni.

Bakat dapat mempengaruhi seseorang untuk minat terhadap suatu hal, dan umumnya seseorang belum mengetahui bahwa ia memiliki bakat disuatu bidang. Ia hanya minat terhadap bidang tersebut, tanpa diketahui apakah ia berbakat dibidang yang sama.

##!jenis-jenis-bakat!##

Jenis jenis Bakat

Beberapa ahli cenderung membedakan bakat atas bakat umum dan bakat khusus. Berbakat atau gifted, diartikan sebagai bakat intelektual (baik umum atau khusus) dan talent sebagai bakat-bakat khusus, misalnya dalam seni musik atau seni rupa.

Bakatbakat tersebut, baik yang masih potensi maupun yang sudah terwujud, meliputi:

  1. Kemampuan intelektual umum
  2. Kemampuan akademik khusus
  3. Kemampuan berpikir secara kreatif-produktif
  4. Kemampuan dalam salah satu bidang seni
  5. Kemampuan psikomotorik/kinestetik
  6. Kemampuan psikososial atau bakat kepemimpinan

##!minat!##

Minat

Minat merupakan kecenderungan yang tinggidan timbul dari dalam diri individu terhadap sesuatu baik itu berpa benda atau aktifitas yang mampu memberikan perasaan tertarik, ingin tahu, dan kesukaan, sehingga indidu tersebut memberikan perhatian yang lebih.

Minat bisa berhubungan dengan daya gerak dan pendorong seseorang untuk cenderung merasa tertarik pada orang, benda, kegiatan ataupun dapat berupa pengalaman yang efektif yang dirangsang oleh kegiatan sendiri. Minat dapat menjadi penyebab partisipasi dalam suatu kegiatan. Minat dianggap sebagai respon sadar, sebab jika tidak demikian tidak akan berarti apa-apa. Minat bersifat sangat pribadi, meskipun bersifat sangat pribadi, minat dipengaruhi oleh lingkungan. Setiap orang harus mengembangkan minat yang dimilikinya.

##!ciri-ciri-minat!##

Ciri ciri Minat

Menurut Slameto (2003), ciri-ciri minat yang ada pada diri masing-masing individu adalah sebagai berikut:

  • Minat tidak dibawa sejak lahir melainkan dibentuk dan dipelajari kemudian.
  • Minat dapat diekspresikan melalui suatu pertanyaan yang menunjukkan bahwa peserta didik lebih menyukai suatu hal daripada hal lain.
  • Minat dapat dimanifestasikan melalui partisipasi dalam suatu aktivitas.
  • Minat mempunyai segi motivasi dan perasaan. Peserta didik yang memiliki minat terhadap suatu obyek akan cenderung memberikan perhatian yang lebih besar terhadap obyek tersebut.

Referensi :

Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2016 dan Sumber lainnya.


Baca Juga :

  1. Tes Psikologi Siswa, Minat bakat & IQ
  2. Galeri Foto Psikotest Siswa

Artikel Lain

Mengenal tentang Strategi Coping dalam Mengatasi Stress

24 Mei 2022

Mengenal tentang Strategi Coping dalam Mengatasi Stress
Psikoterapi, Pengertian dan Perbedaannya dg Konseling

10 Mei 2022

Psikoterapi, Pengertian dan Perbedaannya dg Konseling
Mengenal tentang Psychological First Aid (PFA)

09 Mei 2022

Mengenal tentang Psychological First Aid (PFA)
Logo Insan-Q

Insan-Q
Ruko Bonakarta Blok A No 30, Cilegon, Banten 42414

+62 254 386720
+62 821-2448-8437
+62 878-7135-3987

© 2020 Insan-Q