16 Juni 2022
Daftar Isi :
##!business-skill-0!##
Menurut Wikipedia; seorang pelaku bisnis atau pengusaha adalah seseorang yang melakukan aktivitas (komersial atau industri) untuk tujuan menghasilkan arus kas, penjualan, dan pendapatan dengan menggunakan kombinasi modal manusia, keuangan, intelektual, dan fisik dengan maksud untuk mendorong perkembangan dan pertumbuhan ekonomi.
Menurut KKBI; pengusaha adalah orang yang mengusahakan (perdagangan, industri, dan sebagainya); orang yang berusaha dalam bidang perdagangan; saudagar; usahawan.
Untuk menjadi pengusaha atau pebisnis yang siap menghadapi berbagai tantangan dalam dunia usaha maka dibutuhkan skill (soft competencies) yang memadai; selain skill atau keahlian teknis yang terkait dengan bidang usaha yang dijalankannya. Misalnya dalam bidang usaha properti selain menguasai pengetahuan dan keterampilan dibidang properti sebagai binis utamanya; maka dituntut untuk memilki sejumlah kemampuan lain yang akan mendukung dalam menjalankan usahanya.
##!business-skill-01!##
Berikut ini adalah 10 skill yang umumnya menjadi tuntutan sebagai pengusaha atau pebisnis, yaitu :
##!business-skill-1!##
1) Leadership
Leadership (Kepemimpinan) merupakan kemampuan mempengaruhi bawahan atau kelompok untuk bekerja sama mencapai tujuan tertentu, atau tujuan organisasi atau tujuan kelompok. Kepemimpinan dapat terjadi di mana saja, dimana seseorang dapat menunjukkan kemampuannya mempengaruhi dan menggerakkan orang lain ke arah tercapainya suatu tujuan tertentu.
##!business-skill-2!##
2) Inisiatif, Kreatif dan Inovatif
Kemampuan ini dapat diartikan secara luas yaitu tidak hanya menyangkut masalah produk, akan tetapi dapat juga berupa ide, cara atau metoda maupun obyek yang dipersiapkan untuk menjadikan sesuatu hal yang baru yang lebih baik dari sebelumnya. Inovasi sering dikaitkan dengan perubahan yang dirasakan sebagai hal yang baru oleh masyarakat yang mengalaminya. Akan tetapi, dalam konteks pemasaran & perilaku konsumen, dapat dapat juga dikaitkan dengan produk maupun jasa yang sifatnya baru dan lebih baik dari sebelumnya.
##!business-skill-3!##
3) Manajemen Waktu
Kemampuan dalam mengelola waktu (time management) untuk mendahulukan yang prioritas dan menetapkan mana yang prioritas dan mana yang dapat dikerjakan belakangan. Kemampuan untuk fokus dan memprioritaskan sebuah tugas tertentu adalah kunci bagi siapapun yang ingin mempertahankan produktivitas. Secara umum manajemen waktu dan membuat skala prioritas dikaitkan dengan target atau tujuan yang akan dicapai serta alokasi waktu yang tersedia.
##!business-skill-4!##
4) Continually Learning
Continually Learning (Belajar Berkelanjutan) adalah proses mempelajari keterampilan dan pengetahuan baru secara terus-menerus untuk meningkatkan kompetensi. Continually Learning bisa dalam berbagai cara, mulai dari kursus formal hingga pembelajaran formal, biasanya hal ini tergantung pada inisiatif dari individunya dan keberanian dalam mengambil tantangan.
##!business-skill-5!##
5) Fleksibel dan mudah Beradaptasi
Fleksibel artinya mempunyai kemampuan bersosialisasi yang tinggi dan berinteraksi dengan mudah dengan orang lain. Mampu menyesuaikan diri dari satu kelompok sosial ke kelompok sosial yang lainnya. Kondisi ini diibaratkan seperti kupu-kupu yang mudah hinggap dari bunga satu ke bunga yang lain.
##!business-skill-6!##
6) Problem Solving
Problem Solving (Pemecahan Masalah) yaitu memiliki kemampuan pemecahan masalah secara umum yang dapat diartikan sebagai proses untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya dalam pekerjaan maupun tantangan bisnis. Dalam aktifitas bisnis tentunya akan dihadapai berbagai permasalahan yang bersifat kompleks dan membutuhkan kemampuan problem solving yang tinggi; masalah masalah pemasaran, produksi, persediaan, dll.
##!business-skill-7!##
7) Communication
Communication (Komunikasi) adalah "suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Komunikasi dapat berbentuk verbal dan nonverbal. Kemampuan ini meliputi beberapa hal; antara lain : kemampuan bahasa (Inggris, Indonesia, dll), kemampuan menulis, dan kemampuan menyampaikan (berbicara).
##!business-skill-8!##
8) Ability to Plan
Ability to Plan (Kemampuan Perencanaan) adalah keterampilan kognitif mendasar yang membentuk bagian dari fungsi eksekutif seseorang. Perencanaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk "berpikir tentang masa depan" atau secara mental mengantisipasi cara yang tepat untuk melaksanakan tugas atau mencapai tujuan tertentu.
##!business-skill-9!##
9) Teamwork
Teamwork (Kerjasama Tim) adalah proses kerja secara kolaboratif dengan sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan. Dalam kerja sama tim, setiap anggota tim akan memberikan kontribusi terbaik mereka untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau mencapai tujuan bersama.
##!business-skill-10!##
10) Business Manner
Business Manner (Perilaku Etika Bisnis) Pengusaha atau pebisnis harus kompeten dan dapat diandalkan di dunia bisnis dan sopan santun serta dapat membuat perbedaan. Hal ini dikaitkan dengan etika bisnis dari mulai yang sederhana misalnya bertegur sapa, tukar menukar kartu nama, bersalaman atau yang lebh kompleks misalnya menghormati hak hak pebisnis lainnya, mengikuti aturan main, dll. Etika bisnis adalah seperangkat aturan baik tertulis ataupun tidak yang mengatur cara orang berinteraksi satu sama lain dalam bisnis, dengan pelanggan, pemasok, dengan badan di dalam atau di luar. Hal ini adalah terkait dengan menampilkan citra yang tepat dan berperilaku yang semestinya dengan cara yang tepat.
Baca Juga :