08 Pebruari 2023
Daftar Isi :
##!manajemen-perubahan-1!##
Manajemen perubahan adalah pendekatan sistematis untuk menangani transisi atau transformasi tujuan, proses, atau teknologi organisasi. Tujuan dari manajemen perubahan adalah menerapkan strategi untuk mempengaruhi perubahan, mengendalikan perubahan dan membantu orang untuk beradaptasi dengan perubahan.
Suatu organisasi atau perusahaan akan mengadakan perubahan yang diinisiasi oleh owner atau manajemen dengan tujuan untuk mecapai target tertentu atau menyesuaikan dengan kondisi lingkungan; misalnya penerapan software aplikasi, perubahan kebiasaan untuk tujuan efisiensi, perubahan prosedur dan flow kerja untuk kecepatan proses, dll. Jika perubahan yang dimaksud akan mempengaruhi sebagian besar komponen dan aspek perusahaan atau membutuhkan dukungan sejumlah pihak; maka misalnya mempengaruhi sejumlah besar karyawan, maka perubahan akan menjadi efektif jika diterapkan konsep dan prinsip Manajemen Perubahan.
##!manajemen-perubahan-2!##
Dikutif dari Wikipedia bahwa Manajemen Perubahan atau Change Management (terkadang disingkat CM) adalah istilah kolektif untuk semua pendekatan untuk mempersiapkan, mendukung, dan membantu individu, tim, dan organisasi dalam membuat perubahan organisasi. Hal ini mencakup metode yang mengarahkan atau mendefinisikan kembali penggunaan sumber daya, proses bisnis, alokasi anggaran, atau mode operasi lain yang secara signifikan mengubah perusahaan atau organisasi.
Kotter (2011) mendefinisikan change management sebagai suatu pendekatan untuk mengubah individu, tim, dan organisasi kepada kondisi masa depan yang diinginkan.
##!manajemen-perubahan-3!##
Manajemen perubahan berpotensi menawarkan banyak manfaat, mendukung transisi dn transformasi yang mulus, dan memberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan untuk membantu karyawan dan organisasi agar dapat beradaptasi dengan perubahan.
##!manajemen-perubahan-4!##
Langkah 1:
Identifikasi potensi perubahan; luangkan waktu untuk memahami masalah dan apa yang diperlukan untuk memperbaikinya
Langkah 2:
Analisis perubahan; tentukan kelayakannya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya dan berapa biayanya
Langkah 3:
Evaluasi perubahan; timbang manfaat dan biayanya dan putuskan apakah perubahan itu sepadan
Langkah 4:
Rencanakan perubahan; analisis dampak perubahan, komunikasikan manfaat, dan kembangkan rencana implementasi
Langkah 5:
Terapkan perubahan; buat jadwal, latih staf, tetapkan tugas, dan sebarkan serta komunikasikan perubahan
Langkah 6:
Pertahankan perubahan; validasi, ukur kemajuan, tutup proses, dan siapkan tinjauan tindak lanjut untuk mengevaluasi keberhasilan dan kegagalan
##!manajemen-perubahan-5!##
Terdapat banyak dan jenis model dan metodologi yang berbeda untuk Change Management atau Manajemen Perubahan, namun beberapa model cukup dikenal serta dianggap kunci yang kemungkinan besar dapat digunakan oleh organisasi yang merencanakan atau mengalami perubahan.
Model tersebut antara lain adalah :
Dan metodologi atau model yang umum dan cukup dikenal adalah ADKAR; yang merupakan singkatan dari sbb :
Model ADKAR berorientasi pada tujuan, setiap tahapan harus dicapai untuk menentukan kesuksesan. Penilaian menggunakan skala 1–5 untuk menentukan derajat seseorang memenuhi persyaratan dari setiap tahapan pencapaian. Jika seseorang mendapat skor tiga atau lebih rendah, langkah spesifik itu harus ditangani sebelum bergerak maju ke tahapan berikutnya.
Baca Juga : Tips Meningkatkan Keterampilan Adaptasi pada Pekerjaan
##!manajemen-perubahan-6!##
Manajemen perubahan sangat penting dalam pasar dan lingkungan bisnis saat ini. Pelanggan, persaingan, teknologi, dan pendorong eksternal dan internal lainnya dapat memaksa bisnis Anda untuk merespons kondisi yang berubah. Pendekatan manajemen perubahan yang kuat dan praktik yang gesit dapat membantu bisnis Anda bertahan bahkan dari krisis yang paling tidak terduga.
Bahkan ketika keadaan tidak memaksakan perubahan, bisnis seringkali memilih untuk merencanakan dan mengadopsi perubahan untuk mendorong pertumbuhan dan perbaikan. Jika Anda ingin sukses dan tetap terdepan dalam persaingan, Anda harus mampu mengelola perubahan dengan cepat dan berhasil. Lihat lebih lanjut tentang manfaat manajemen perubahan.
Penting untuk diketahui bahwa bisnis merespons perubahan dengan berbagai cara. Bergantung pada bagaimana mereka mengelolanya, perubahan dapat menyediakan platform untuk pertumbuhan dan kesuksesan, atau menimbulkan masalah bagi individu, tim, dan bahkan seluruh organisasi.
Anda dapat mengikuti prinsip manajemen perubahan sederhana untuk membantu Anda mengelola perubahan dan mencapai dampak jangka panjang dalam bisnis Anda.
##!manajemen-perubahan-7!##
Peran komunikasi (dalam arti : komunikasi efektif) dalam perubahan organisasi memiliki peranan; komunikasi yang berkelanjutan dengan karyawan sangat penting. Langkah yang berperan untuk komunikasi antara lain bertemu dan berkomunikasi dengan manajer dan karyawan secara teratur untuk menjelaskan alasan perubahan, bagaimana perubahan itu akan dilakukan dan bagaimana pengaruhnya terhadap mereka. Mengatasi rumor secara langsung; dan menjelaskan dengan detail permasalahannya. Pastikan bahwa para manajer (manager) cukup terbuka untuk setiap karyawan yang mungkin memiliki pertanyaan tentag perubahan yang akan dilakukab.
Komunikasikan juga dengan pemasok, mitra, dan pelanggan juga, dan beri tahu mereka tentang perubahan apa pun yang dapat memengaruhi mereka. Jelaskan secara sistematis dan detal tentang perubahan yang kan dilakukan dan bagaimana pengaruhnya terhadap mereka.
##!manajemen-perubahan-8!##
Menurut Prosci; 5 Tips untuk Suksesnya Manajemen Perubahan adalah sbb :
##!manajemen-perubahan-81!##
1) Mulai Lebih Dini
Mulailah lebih awal; jadilah lebih proaktif untuk menghindari "pemadaman kebakaran" dan pengendalian kerusakan. Perkenalkan perubahan yang akan dilakukan kepada seluruh stake holder sejak dini, dengan detail dan sistematis, sehingga dapat dipahami dengan baik.
##!manajemen-perubahan-82!##
2) Menggunakan Struktur
Terapkan struktur; jadilah lebih efektif dan efisien, dan tingkatkan kredibilitas pekerjaan yang dilakukan; melalui struktur maka dapat memanfaat SDM beserta fungsi dan perannya untuk mempercepat perubahan.
##!manajemen-perubahan-83!##
3) Sesuaikan Pendekatan
Sesuaikan pendekatan; pahami situasi unik dan sesuaikan secepatnya dengan hal itu. Pendekatan dapat dilakukan dengan cara cara tertentu sesuai dengan situasinya untuk menghadapi berbagai rintangan dalam manajemen prubahan.
##!manajemen-perubahan-84!##
4) Libatkan Karyawan
Libatkan peran karyawan; persiapkan, lengkapi, dan dukung mereka yang menjadi wajah dan suara perubahan di organisasi agar sukses. Karyawan dapat menjadi agen yang baik dalam manajemen perubahan; sehingga keterlibatannya sangat diperlukan untuk kesuksesan perubahan organisasi.
##!manajemen-perubahan-85!##
5) Fokus pada Individu (Manusia)
Fokus pada individu; ingatlah bahwa organisasi tidak berubah, manusianya yang berubah. Bahwa di belakang organisasi ada invidividu yang masing masing memilki peran dan kekuatan masing masing; sehingga dengan fokus pada individu dapat mempercepat perubahan dalam organisasi.
Referensi :
Baca Juga :