13 April 2023
Daftar Isi :
##!inisiatif-1!##
Dengan memilki kemampuan dan keterampilan, serta mengambil banyak inisiatif di tempat kerja maka akan dapat membantu karyawan meningkatkan kepercayaan diri dan memajukan karier mereka. Sementara setiap orang mungkin memiliki keahlian berbeda yang berkontribusi pada kesuksesan mereka masing masing, namun orang dengan keterampilan inisiatif yang baik biasanya berhasil dengan baik di tempat kerja dan akan memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan promosi serta kesuksesan karir.
Seseorang dikatakan menunjukkan inisiatif, jika melakukan sesuatu tanpa disuruh; menemukan sendiri apa yang perlu diketahuinya; dan terus maju saat keadaan menjadi sulit; serta mampu melihat dan memanfaatkan peluang yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Selalu mencari solusi dengan berbagai cara dan berorientasi hasil dalam mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapinya ditempat kerja.
##!inisiatif-2!##
Kemampuan atau keterampilan inisiatif menggambarkan kemampuan seseorang untuk menilai situasi dan mengambil tindakan tanpa arahan dari orang lain. Inisiatif adalah keterampilan manajemen diri, dan manajemen diri yang bertujuan dapat membantu dalam menetapkan tujuan secara mandiri dan dapat mengarahkan jalur karier bagi dirinya. Berbagai keterampilan dapat berkontribusi pada kemampuan dalam mengambil inisiatif di tempat kerja, tetapi banyak di antaranya melibatkan pemikiran kritis dan cepat dalam mengambil keputusan (decision making), serta mengambil tindakan dengan percaya diri. Seseorang yang memilki kemampuan inisiatif pada umumnya cukup percaya diri di tempa kerja.
Inisiatif didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengenali dan bertindak atas peluang yang ada. Hal ini akan melibatkan tindakan mengambil inisiatif untuk mengidentifikasi masalah dan peluang, dan kemudian mengambil tindakan untuk menyelesaikannya. Orang yang dianggap memiliki kemampuan dan keterampilan inisiatif yang kuat akan bersifat proaktif, banyak akal, dan akan berorientasi pada solusi.
##!inisiatif-3!##
Dengan memiliki kemampuan atau keterampilan inisiatif dan mempraktekannya ditempat kerja maka dapat mendorong menjadi kandidat yang diinginkan untuk pekerjaan dan peluang menjadi terbuka lebar. Hal ini karena perusahaan mengetahui bahwa karyawannya telah menunjukkan bahwa dapat berpikir sendiri, mampu menghadapi tantangan, serta membuktikan akan terus berkembang dan tumbuh tanpa intervensi yang dominan dari perusahaan.
Inisiatif akan memungkinkan seseorang untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan dan memastikan bahwa selalu mengetahui apa yang terjadi di sektor kariernya. Orang yang menunjukkan inisiatif yang baik sering memenangkan penghargaan dan promosi jabatan karena menghasilkan ide yang menarik dan bermanfaat bagi perusahaan tanpa disadarinya.
Baca Juga : Manfaat Positif dari Lebih Sabar di Tempat Kerja, dan Cara Mengembangkannya
##!inisiatif-4!##
##!inisiatif-41!##
1) Berorientasi pada Tujuan
Individu yang berorientasi pada tujuan dapat tetap fokus pada tugas dan bekerja menuju tujuan akhir tertentu. Keterampilan ini penting dalam inisiatif karena memungkinkan individu untuk melihat proyek dari awal sampai akhir.
Selain itu, individu yang berorientasi pada tujuan dapat menetapkan tujuan yang realistis dan melacak kemajuan mereka menuju tujuan tersebut. Mulai dan cobalah untuk berlatih pada pekerjaan bahwa setiap tugas dan pekerjaan yang dilakukan selalu berorientasi pada hasil memuaskan.
##!inisiatif-42!##
2) Termotivasi
Inisiatif adalah kemampuan atau keterampilan untuk memulai sesuatu tanpa disuruh. Ini merupakan keterampilan utama bagi siapa saja yang berada ditempat kerja dan terutama dalam posisi kepemimpinan, karena memungkinkan mereka untuk mengambil alih dan menyelesaikan pekerjaan tanpa harus menunggu instruksi dengan semua kewenangan yang dimilikinya.
Inisiatif penting bagi pemimpimn karena memungkinkan mereka untuk mengendalikan tugas atau proyek mereka sendiri dan memastikan bahwa mereka selesai tepat waktu dan dengan target dan standar yang tinggi. Kemampuan inisiatif juga dapat memunculkan untuk mendelegasikan tugas kepada bawahan atau anggota tim lainnya, karena mengetahui dengan baik bahwa akan dapat mengandalkanya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
##!inisiatif-43!##
3) Antusias
Orang yang antusias seringkali adalah orang yang menyelesaikan sesuatu. Mereka adalah orang-orang yang rela bekerja lembur, bersedia melakukan tugas ekstra, dan umumnya senang terlibat. Orang yang antusias sering kali menjadi orang yang dicari untuk peran kepemimpinan karena mereka mampu memotivasi orang lain dan menyelesaikan sesuatu.
Menjadi antusias bukan berarti menjadi hiperaktif atau berlebihan. Itu berarti bersemangat tentang sesuatu dan ingin menjadi bagian darinya. Ketika Anda antusias tentang sesuatu, Anda cenderung bersedia bekerja dan menjadi pengaruh positif bagi orang lain.
##!inisiatif-44!##
4) Proaktif
Untuk meningkatkan keterampilan inisiatif, penting untuk bersikap proaktif; jangan hanya diam dan memperhatikan. Ini artinya bersedia mengambil langkah pertama untuk menyelesaikan sesuatu, daripada menunggu orang lain melakukannya. Bahkan mungkin sebaiknya muncul dalam pikiran bahwa untuk menjadi yang pertama dalam segala hal. Menjadi proaktif dapat membantu untuk maju di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi sekalipun.
##!inisiatif-45!##
5) Identifikasi Peluang
Belajarlah untuk memperhatikan ketika peluang untuk berinisiatif muncul sehingga Anda bisa menjadi yang pertama bergerak dan memanfaatkan peluang tersebut. Di tempat kerja, penting untuk mengamati detail untuk mengetahui apakah ada hal yang dapat Anda tingkatkan atau proyek baru yang dapat Anda selesaikan. Mengidentifikasi peluang memungkinkan Anda untuk mengambil inisiatif ketika Anda melihat hal-hal ini, yang meningkatkan kinerja dan reputasi Anda dengan kolega Anda. Cobalah perhatikan perubahan perilaku dan catatlah selama pertemuan untuk mempelajari tanda-tanda peluang untuk mengambil inisiatif.
##!inisiatif-46!##
6) Berinovasi
Membuat inovasi adalah cara yang bagus untuk mengambil inisiatif dan meningkatkan kemampuan di tempat kerja dengan memikirkan cara baru untuk melakukan sesuatu pekerjaan. Menggunakan kreativitas dan orisinalitas, maka dapat membuat ide unik sebelum orang lain melakukannya dan menerapkan perubahan dapat menguntungkan semuanya, rekan kerja, dan juga perusahaan. Jika tidak menemukan inovasi masih banyak peluang melakukan perbaikan (improvement) terhadap suatu proses pekerjaan, alat kerja, dll.
##!inisiatif-47!##
7) Berlatih
Cara lain untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan inisiatif adalah dengan berlatih secara teratur. Latihan di rumah dan tempat kerja untuk mendapatkan hasil terbaik dan mengetahui dimana kekurangannya. Cara sederhana untuk melatih keterampilan ini di rumah adalah dengan mendemonstrasikan selalu berinisiatif memulai menyelesaikan dan mencari solusi untuk masalah kehidupan sehari-hari. Dengan latihan, maka akan dapat mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk memberikan respons yang efektif terhadap setiap jenis tantangan.
Referensi :
Baca Juga :