Insan Q Psychological Serive melayani dan menyediakan Employee Assistance Program (EAP) dengan ruang lingkup yang luas namun terarah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dan dihadapi oleh karyawan yang mempengaruhi kualitas hidup dan kinerjanya di perusahaan. Karyawan adalah aset perusahaan yang penting karena sifatnya yang dinamis dan dapat menyesuaikan kondisi perusahaan; serta dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Daftar Isi :
- Pengertian
- Program dari Perusahaan
- Format Employee Assistance Program
- Beberpa Permasalahan Karyawan
- bagi Karyawan dan Keluarga
- Manfaat bagi Perusahaan
1. Pengertian
Employee Assistance Program (EAP) adalah benefit yang biasanya disediakan oleh pemberi kerja untuk membantu pekerja dalam mendapatkan akses ke layanan konseling atau terapi jangka pendek serta menyediakan beberapa jenis penilaian psikologis; untuk tujuan kinerja yang lebih baik.
Employee Assistance Program (EAP) atau Program Bantuan Karyawan adalah suatu program yang merupakan intervensi psikologi berbasis pekerjaan yang dirancang untuk membantu karyawan dalam menyelesaikan masalah pribadi yang mungkin berdampak buruk pada kinerja karyawan dan memperngaruhi kinerja perusahaan.
2. Program Perusahaan
Pada umumnya Employee Assistance Program (EAP) atau Program Bantuan Karyawan diselenggarakan atau disediakan oleh perusahaan karena bertujuan untuk optimalisasi dan pencapaian kinerja perusahaan. Employee Assistance Program adalah program yang diberikan perusahaan untuk karyawan dengan tujuan untuk membantu memecahkan permasalahan karyawan seputar kesehatan mental yang dialami oleh karyawan dan anggota keluaraga terkait.
Perusahaan menyadari sepenuhnya bahwa keberhasilan perusahaan akan sangat ditentukan oleh kualitas karyawan di dalamnya sebagai asset yang perlu dijaga dan dikelola secara terus menerus. Karyawan yang mampu bekerja secara optimal akan memiliki kualitas kinerja yang bagus dan membawanya pada kesuksesan. Kesuksesan secara pribadi diri karyawanan tersebut bukan hanya berlaku bagi dirinya namun akan berdampak pula pada kesukesan organisasi.
3. Format Employee Assistance Program
Perusahaan menunjuk Psikolog atau Lembaga Psikologi (dalam hal ini : INSAN-Q Psychological Services) untuk menjadi mitra dalam Employee Assistance Program; kemudian dilanjutkan dengan menuangkan dan mendeskripsikan ruang lingkupnya dalam kerjasama.
Pada saat karyawan mengalami masalah atau stress karena pekerjaan, atau masalah lainnya yang mempengaruhi kinerja dan pekerjaan; maka hal tersebut langsung dapat diselesaikan melalui intervensi yang tepat oleh psikolog terkait. Secara umum bentuk dari Employee Aissistance Program berupa Konseling. Dengan format Konseling, maka Karyawan dapat meminimalisir dan hal ini juga dapat membantu karyawan menemukan solusi terbaiknya; sehingga tidak memepengaruhi kinerjanya di perusahaan.
Pada kasus tertentu intervensi yang diselenggarakan dapat meliputi tools (misalnya : psikotest, focus discussion group), dilanjutkan dengan konseling atau mungkin melibatkan beberapa terapi; misalnya Terapi Perilaku Kognitif, dll.
4. Beberapa Permasalahan Karyawan
Dalam pekerjaan sehari hari; perusahaan sering menghadapi berbagai permasalahan yang ada dalam diri karyawan yang dapat mempengaruhi kinerjanya dan juga kinerja perusahaan. Beberpa permasalahan yang terjadi antara lain adalah :
- Absensi yang tinggi
- Kinerja yang buruk
- Karyawan nampak bermalasan
- Konflik dengan atasan
- Konflik antar sesama karyawan
- Buruknya komunikasi internal
- Ketidakpuasan karyawan terhadap perusahaan
5. Manfaat Bagi Karyawan dan Keluarga
- Menawarkan akses mudah ke sumber daya dan pakar rahasia yang dapat membantu
- Meningkatkan kemampuan karyawan dan tanggungan agar berhasil merespons tantangan
- Mengurangi Stress Akibat Kerja,.
- Mengurangi biaya terkait kesehatan yang terkait dengan stres, depresi, dan masalah kesehatan mental lainnya
6. Manfaat Bagi Perusahaan
- Perusahaan akan mendapatkan karyawan yang berkinerja sesuai dengan harapan serta tidak terjadi permasalahan permasalahan klasik pada karayawan; seperti Absensi tingggi, kinerja individu kurang baik, dll.
- Akses Langsung: Karyawan dapat langsung menghubungi kantor psikolog.
Respon Cepat: Konseling segera dilakukan, dan krisis dapat ditangani dengan segera. - Profesional: Konselor meruapakan psikolog yang berkualifikasi, dan ahli dalam perilaku manusia serta permasalahan pekerjaan.
- Kerahasiaan: Perusahaan tidak perlu mengetahui konten layanan.
- Perawatan Langsung: Rujukan hanya dilakukan ketika pasien membutuhkan spesialis lain atau perawatan jangka panjang.
- Meningkatkan produktivitas dan keterlibatan karyawan
- Mengurangi biaya perawatan kesehatan
- Mengurangi kebutuhan cuti tidak terjadwal
- Meningkatkan retensi karyawan
- Memfasilitasi kembali bekerja dengan aman, tepat waktu, dan efektif setelah jangka pendek dan absen diperpanjang
- Mengembangkan kompetensi dalam mengelola stres di tempat kerja dan meningkatkan kinerja tim kerja
- Memfasilitasi penyesuaian yang berhasil untuk restrukturisasi tenaga kerja, pengurangan kekuatan, atau peristiwa perubahan tenaga kerja lainnya
- Mengurangi kemungkinan kekerasan di tempat kerja atau risiko keselamatan lainnya
- Mendukung kesiapsiagaan, respons, dan pemulihan darurat.
7. Pendaftaran
Pendaftaran untuk Layanan Program EAP dapat dilakukan melalui Link (text warna hijau) dibawah ini :
DAFTARKAN PERUSAHAAN UNTUK "PROGRAM EAP" : DISINI >> DAFTAR
Atau
Hubungi kami (WA) di Nomor HP : 0821 2448 8437
Baca Juga :