10 April 2023
Daftar Isi :
##!sabar-ditempat-kerja-1!##
Kesabaran atau lebih sabar adalah kemampuan untuk lebih tenang dalam mengajukan pertanyaan, menunggu jawaban, berkonsultasi dengan orang lain, serta lebih mengikuti arus; dll. Kesabaran atau lebih sabar kebalikan dari sifat tergesa gesa dan menciptakan urgensi yang tidak diperlukan, orang yang sabar lebih baik duduk diam dan mengamati sambil mempertimbangkan situasi yang tepat dari berbagai perspektif. Kesabaran lebih mendukung kreativitas, wawasan, dan penilaian rasional.
Kesabaran umumnya ditunjukkan dengan sikap tenang, kedewasaan dan sikap positif. Ketika kesabaran dilaksanakan dan dicontohkan di tempat kerja, dan kemudian disadari serta dihargai maka masalah pekerjaan dapat didiskusikan secara terbuka dan diselesaikan tanpa kemarahan.
##!sabar-ditempat-kerja-2!##
Kesabaran adalah keterampilan penting di tempat kerja yang dapat mengurangi stres, meningkatkan hubungan, dan membantu dalam membuat keputusan yang lebih baik dan hati-hati. Dengan lebih sabar di tempat kerja, kemungkinan akan merasa lebih nyaman dan lebih mampu mendukung orang lain.
Jka tidak sabar di tempat kerja dapat menimbulkan banyak hal yang merugikan, mulai dari hubungan yang kurang baik dengan rekan kerja hingga peningkatan risiko kesalahan. Selanjutnya, tidak akan ada yang mau bekerja sama dengan orang yang membentak mereka, misalnya jika mereka tidak menanggapi email dengan cukup cepat atau hal lainnya dengan respon yang lebih cepat.
##!sabar-ditempat-kerja-3!##
Kesabaran penting untuk membantu membuat merasa lebih rileks dan lebh fokus, dan dapat membantu dalam membangun hubungan yang lebih kuat dengan orang-orang di tempat kerja. Beberpa manfaat jika lebih sabar di tempat kerja; antara lain :
Baca Juga : Meningkatkan Percaya Diri di Tempat Kerja
##!sabar-ditempat-kerja-4!##
Berikut ini beberapa hal yang dapat meningkatkan kesabaran atau lebih sabar di tempat kerja; masih banyak hal lainnya dan mungkin dapat dikembangkan sendiri; sbb :
##!sabar-ditempat-kerja-41!##
1) Kendalikan Emosi
Memiliki kontrol atau pengendalian emosi yang baik adalah langkah pertama untuk mengembangkan kesabaran. Memiliki pengendlian emosi akan menghentikan dari mudah marah atau sedih atau terlalu bersemangat tentang sesuatu hal yang belum terjadi, dll. Kurangnya dalam kecerdasan emosional, atau kurang baik dalam pengendalian emosi akan mendorong untuk menunjukkan ketidaksabaran yang dapat menimbulkan banyak kerugian.
##!sabar-ditempat-kerja-42!##
2) Sering Melatih Kesabaran
Kesabaran adalah keterampilan yang dapat ditingkatkan melalui latihan yang konsisten. Selain melatih kesabaran di tempat kerja, coba dan latih juga dalam kehidupan sehari-hari ketika sesuatu membutuhkan kesabaran. Semakin sering melatih diri dalam kesabaran akan semakin terbiasa dan akan menyesuaikan diri dengan cara bertahap menuju kondisi yang lebih sabar dari sebelumnya.
##!sabar-ditempat-kerja-43!##
3) Identifikasi Hal yang Membuat Tidak Sabar
Identifikasi hal hal apa ditempat kerja yang biasanya memicu ketidak-sabaran; dilanjutkan dengan mengenalinya lebih detail dan mencoba melatih untuk lebih sabar dalam menghadapinya. Misalnya hal yang membuat kesal dan tidak sabar adalah Cleaning Service datang lebih telat; sehingga kebersihan tempat kerja tidak terjaga sejak dini. Maka dengan cara yang baik dan lebih tenang komunikasikan hal ini kepada personil Cleaning Service dengan argumen yang baik dan dapat diterima.
##!sabar-ditempat-kerja-44!##
4) Mendengarkan dan Bertanya dengan Sikap Positif
Melatih kesabaran membutuhkan mendengarkan secara aktif (active listening) dan penuh perhatian serta mengesampingkan rasa frustrasi untuk membantu memecahkan masalah. Menunjukkan kepada seseorang bahwa menghargai apa yang mereka katakan dengan pujian yang wajar. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikan semuanya secepat mungkin dan tunjukkan bahwa menghargai dan memberikan kesempatan orang lain dalam menghadapi masalah di tempat kerja.
##!sabar-ditempat-kerja-45!##
5) Merubah Perilaku
Lakukan pendekatan proaktif untuk meningkatkan kesabaran di tempat kerja dengan mengubah perilaku dan pola pikir yang tidak membantu yang menyebabkan ketidaksabaran. Perilaku dan pola pikir tidak sabar tersebut biasanya berasal dari kekhwatiran akan resiko yang mungkin terjadi jika sesuatu tidak diselesaikan dengan cepat cepat. Cobalah untuk mempertimbangkan solusi atau mitigasi atas resiko yang mungkin terjadi jika sesuatu tidak dapat diselesaikan dengan cepat atau segera.
##!sabar-ditempat-kerja-46!##
6) Istirahat Secara Teratur
Beristirahat yang baikdan teratur dapat membantu untuk mengurangi stres dan kembali bekerja dengan pola pikir yang lebih produktif. Jika menyadari bahwa mulai menjadi tidak sabar atau kewalahan, menjauhlah dari situasi tersebut selama beberapa menit atau kembali ke masalah tersebut di lain waktu, hal ini dapat membantu dalam mengelola emosi. Istirahat, dapat dilakukan dengan berjalan-jalan sebentar atau melakukan peregangan ringan sebelum kembali ke tempat kerja dengan tugas yang menantang, atau luangkan beberapa menit untuk mengobrol dengan kolega.
##!sabar-ditempat-kerja-47!##
7) Berkomunikasi dengan Jelas
Berkomunikasi dengan baik dan jelas dengan orang lain tentang kebutuhan dan preferensi akan dapat membantu mereka mengakomodasinya dengan lebih baik. Ketika kemudian menjelaskan kebutuhan dengan jelas dan dengan cara cara yang baik, maka hal itu memungkinkan orang lain untuk meresponsnya secara efektif. Misalnya : komunikasikan dengan jelas dan dengan cara cara yang baik disertai argumen yang dapat diterima kepada bawahan bahwa email dari klien harus segera direspon.
Referensi :
Baca Juga :