Interpersonal skills sangat penting dalam kehidupan karena pada dasarnya manusia tidak dapat menyendiri. Banyak kegiatan dalam hidup terkait dengan orang lain. Anak-anak yang gagal mengembangkan kecerdasan interpersonal, akan mengalami hambatan dalam dunia sosialnya.
Daftar Isi :
- Pengertian
- Interperonal Skill Dasar
- Keuntungan Memiliki Keterampilan Interpersonal Yang Baik
- Tips Meningkatkan Interpersonal Skill
Seringkali konflik interpersonal juga menghambat seseorang untuk mengembangkan dunia sosialnya secara matang. Akibat dari hal ini, ia merasa kesepian, merasa tidak berharga, dan suka mengisolasi diri. Pada akhirnya ia mudah depresi dan kehilangan kebermaknaan hidup
1. Pengertian
Interpersonal skills didefinisikan sebagai kemampuan untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Ini adalah suatu keterampilan kepribadian yang dapat digunakan setiap kali seseorang berinteraksi dengan orang lain, baik secara individu atau sebagai bagian dari kelompok.
Secara umum, Interpersonal skills adalah kemampuan untuk berkomunikasi, bekerja sama, terhubung, berhubungan, dan bekerjasama dengan orang lain. Setiap interaksi antara dua orang di mana informasi dipertukarkan, termasuk komunikasi verbal dan nonverbal, akan sangat bergantung pada keterampilan interpersonal seseorang.
Setiap orang akan memilki Interpersonal skills yang berbeda beda. Banyak orang yang memilki keterampilan interpersonal yang hebat, namun ada juga orang yang dianggap tidak memiliki keterampilan interpersonal. Seseorang yang memiliki keterampilan interpersonal yang hebat umumnya akan lebih sukses baik secara profesional maupun pribadi dibanding mereka yang tidak memilkinya.
2. Interpersonal Skills Dasar
Interaksi dengan manusia lain adalah bagian mendasar dari menjadi manusia. Kita masing-masing telah mengembangkan Interpersonal skills kita sejak usia dini, dimulai hampir segera setelah kita dilahirkan. Ini berarti bahwa masing-masing dari kita, saat ini, memiliki seperangkat Interpersonal skills dasar yang siap untuk digunakan.
Karena setiap orang sudah memiliki Interpersonal skills dasar, dan karena sudah menggunakannya setiap hari, maka semestinya akan dapat dengan mudah untuk mengembangkan dan meningkatkan Interpersonal skills. Namun kenyataanya tidak mudah, hambatan untuk mengembangkan Interpersonal skills yang hebat adalah bahwa banyak tidak mengetahui harus mulai dari mana.
Hal penting lainnya untuk dicatat bahwa Interpersonal skills tidak sama dengan keterampilan komunikasi. Pada kenyataannya seperti tumpang tindih, namun bidang Interpersonal skills lebih luas karena mencakup topik-topik seperti kerjasama tim dan pemecahan masalah kelompok.
3. Keuntungan Memiliki Keterampilan Interpersonal Yang Baik
Memiliki keterampilan interpersonal yang baik dapat membantu kita menjadi sukses dalam kehidupan pribadi dan bisnis kita, dengan membantu kita untuk:
- bekerja lebih efektif sebagai bagian dari tim
- menyampaikan pendapat lebih efektif
- membentuk dan memelihara ikatan sosial
- mampu bernegosiasi dengan orang lain
- mampu merekonsiliasi perbedaan
- mampu mempengaruhi orang lain dengan sukses
Dengan memilki Interpersonal skills yang baik bahkan dapat menunjukkan kemampuan untuk meminta bantuan ketika situasi membutuhkan; dan banyak lagi manfaat lainnya dari Interpersonal skills untuk kehidupan yang lebih baik.
4. Tips Meningkatkan Interpersonal Skill
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Interpersonal skills; antara lain :
- Menumbuhkan pikiran positif. Belajar untuk menjadi seseorang dengan pikiran positif dengan mengingatkan diri sendiri setiap hari tentang hal-hal baik tentang kehidupan dan pekerjaan. Jika kesal dengan masalah pribadi, kesampingkan perasaan itu, tunda, dan lupakan jika perlu. Jika stres tentang masalah pekerjaan, cari hal positif dari masalah pekerjaan tersebut dan cobalah berinovasi untuk membangunnya.
- Mengendalikan Emosi. Kehidupan kita bukanlah tempat untuk menunjukkan dan mempertontonkan emosional. Jika sangat jengkel, sangat tertekan, atau sangat bahagia, tarik napas panjang dan turunkan emosional perlahan lahan. Selalu ekspresikan diridengan tenang, sabar, dan datar.
- Mengakui kelebihan orang lain. Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah memberi tahu rekan kerja, kerabat, dst bahwa kita menghargai keahlian mereka; tunjukkan dengan cara yang wajar. Mintalah bantuan mereka pada hal hal tertentu sesuai dengan kelebihan mereka; dan berikan apresiasi yang wajar.
- Mendengarkan dengan aktif. Hal ini dapat dilakukan dengan mempertahankan kontak mata dengan pembicara, menganggukkan kepala, dan mengulangi apa yang dia katakan dengan kata-kata sendiri. Lawan bicara akan merasa dihargai dan manfaatnya cenderung dapat mengingat percakapan dengan lebih mudah.
- Tumbuhkan rasa empati. Berlatihlan untuk berpandangan secara menyeluruh tentang berbagai hal dengan menempatkan diri pada posisi orang lain. Ini akan membantu untuk mengembangkan empati terhadap orang lain, yang pada gilirannya akan membantu menemukan solusi yang cocok untuk semua yang terlibat; suatu saat akan memetik hasilnya.
- Mempertahankan setiap hubungan. Berhubunganlah dengan teman kuliah dan mantan kolega di media sosial atau melalui email; cobalah untuk sesekali memberikan perhatian atau mengatur pertemuan tatap muka. Hal ini berarti menunjukkan perhatian dan masih menghargai hubungan; tidak hanya saat perlu saja untuk berhubungan; pasti ada manfaatnya.
Baca Juga :